Faktor Penyebab Trigliserida Tinggi

Faktor Penyebab Trigliserida Tinggi – Trigliserida adalah lemak, jenis lemak yang di dalam tubuh dan dibutuhkan oleh tubuh. trigliserida sangat dibutuhkan oleh tubuh karena trigliserida akan membantu untuk menghasilkan beberapa hormon, vitamin D, dan juga untuk membantu melancarkan pencernaan, karena akan membantu empedu menghasilkan suatu cairan. Tubuh memang membutuhkan trigliserida tetapi tidak terlalu banyak, jika terlalu banyak bisa menumpuk atau mengendap sehingga menjadi suatu penyakit bukan membantu tubuh. triglisedria meskipun sama sama lemak yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kolesterol tetapi memiliki peran berbeda.

Trigliserida yang fungsinya untuk menyimpan kalori yang dibutuhkan tubuh memberikan energi sehingga tubuh bertenaga melakukan aktivitas, sedangkan kolesterol sendiri untuk membangun hormon, maka dari itu perlu mengetahui perbedaan keduanya. Kadar normal trigliserida pada tubuh sekitar 150 mh/dl, akan lebih baik lagi jika dibawahnya. Namun, banyak yang memiliki kadar trigliserida tinggi sekitar 200, bahkan paling tinggi bisa mencapai 500 mg/dl. karena itu bisa membahayakan kesehatan tubuh, terutama jantung karena lemak bisa memblokir darah.

trigliseridaaaaa

Faktor Penyebab Trigliserida Tinggi

Kadar trigliserida yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kondisi kesehatan tubuh terganggu, karena itu menjaga kadar trigliserida sangat dibutuhkan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan trigliserida tinggi, atau menjadi faktor trigliserida tinggi, seperti yang ada dibawah ini :

  • Tidak mengontrol asupan makanan, faktor penyebab trigliserida tinggi yang pertama dari makanan. Makanan yang tidak terkontrol masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kadar trigliserida meningkat. Makan dengan jumlah banyak bisa akan meningkatkan berat badan sampai terjadi kegemukan dan juga obesitas yang secara otomatis juga ada penumpukan lemak di dalam tubuh juga. karena konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan daging merah, makanan di goreng, dan makanan yang mengandung banyak lemak lainnya bisa menyebabkan kadar trigliserida terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, tidak seimbang yang digunakan. Sehingga sisanya mengendap atau terdapat dalam darah tidak terpakai yang bisa menghambat darah untuk mengalir dengan baik.
  • Diabetes, faktor penyebab trigliserida tinggi juga bisa karena penyakit diabetes. penyakit diabetes bisa menyebabkan kadar trigliserida meningkat sebab ada jumlah glukosa yang dibutuhkan tubuh berkurang, sehingga ada beberapa organ tubuh yang tidak bisa berfungsi dengan baik.
  • Penyakit ginjal, faktor penyebab trigliserida tinggi juga bisa dikarenakan oleh penyakit ginjal. penyakit ginjal bisa menyebabkan peningkatan trigliserida sebab ginjal yang tidak berfungsi dengan baik akan sulit untuk membersihkan limbab di dalam darah yang tidak lagi digunakan. Karena itu pada saat mengalami gagal ginjal kronis atau penyakit ginjal yang menyebabkan fungsi ginjal menurun bisa ada banyak masalah kesehatan yang dialami termasuk peningkatan kadar trigliserida.
  • Minuman keras, faktor penyebab trigliserida tinggi yaitu dari dampak buruk mengkonsumsi minuman mengandung alkohol. Minuman mengandung alkohol ini memang sangat bahaya, untuk diawal memang tidak masalah, namun karena di minum terus menerus, sehingga efeknya ada di kemudian hari. Salah satu efek yang dirasakan salah satunya ialah peningkatan kadar trigliserida.
  • Efek samping obat, faktor penyebab trigliserida tinggi karena menggunakan obat kimia. karena ada jenis obat yang setelah di minum ada yang meningkatkan trigliseirda. Salah satu contohnya setelah minum pil kb bisa meningkatkan trigliserida. Karena itu jika ingin mengkonsumsi obat apa pun lebih baik mengetahuinya lebih dulu agar tidak memberikan dampak yang tidak di inginkan setelah mengkonsumsinya.

Maka dari itu cek kadar trigliserida secara teratur sehingga jika kadar sudah tinggi bisa diatasi dengan cepat. karena jika kadar trigliserida tinggi tidak diatasi dengan cepat akan ada serangan jantung yang bisa terjadi secara tiba tiba, selain itu bisa juga mengalami penyakit stroke yang juga penyakit kronis jangka panjang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi trigliserida tinggi sehingga tidak akan mengganggu kesehatan.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi trigliserida tinggi pertama bisa di mulai dengan diet. Lakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan, untuk mengurangi lemak yang tidak digunakan sehingga kadar trigliserida akan menurun. Makan makanan yang rendah lemak, tetapi masih mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. untuk menunrukan berat badan tidak hanya baik dengan diet menurunkan berat badan saja, tetapi juga dengan olahraga sehingga ada banyak lemak yang terbakar dengan maksimal. jika mengkonsumsi makanan berlemak sebaiknya tidak lemak jenuh tetapi lemak sehat, seperti dari minyak zaitun, minyak canola, dan juga dari tanaman.

Jika memiliki kebisaan buruk minum alkohol maka sebaiknya mulai menghentikannya atau tidak di minum lagi dan menyebabkan kadar trigliserida. Perbanyak minum air mineral akan lebih baik, atau minum minuman sehat seperti minuman dari jus sayuran dan juga jus buah. Menggunakan gula juga mulai kurangi agar tidak ada peningkatan kadar gula darah yang bisa memicu peningkatan kadar trigliserida. Untuk mengatasi trigliserida yang tinggi juga sebaiknya dengan berhenti merokok, sebab faktor penyebab trigliserida tinggi juga dari rokok. Yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga menjaga kadar trigliserida tetap normal dengan makan sehat, pola hidup teratur, dan juga dengan olahraga secara teratur. (By:RM)

Faktor Penyebab Trigliserida Tinggi


=====================================

>>> Obat Kolesterol Dapat Membantu Dalam Menurunkan Kolesterol Tinggi, Menormalkan kadar Kolesterol, Meningkatkan Kolesterol Baik dan Mencegah Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Trigliserida Tinggi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *